Kontribusi

Setiap klik iklan yang ada pada blog, berarti anda sudah turut berkontribusi dalam pengembangan blog ini

Sunday 23 September 2018

Cara belajar Anis sebagai salah satu tipe Intuiting Extrovert (Ie)

Anis setelah mengikuti test sidik jari STIFIn, diketahui bahwa mesin kecerdasan (MK) nya adalah Intuiting Extrovert (Ie) yang menurut pak Farid Poniman dalam penjelasan bukunya, berfikirnya menggunakan Otak kanan.

Cara Belajar Intuiting Extrovert berdasarkan konsep STIFIn
       Proses belajar dari tipe Intuiting extrovert cenderung lebih cepat dari usianya. Dalam proses belajarnya, tipe ini justru selalu mencoba mencari tema di balik buku yang dibacanya. Selain itu, tipe ini akan mampu menemukan konsep yang tersembunyi dari apa yang dipelajarinya, melebihi kemampuan jenis-jenis kecerdasan yang lain. Oleh karena itu, jika ingin membuat tipe Ie belajar dengan baik, maka ia harus dipermudah dalam merumuskan tema yang sedang dipelajari.
     Supaya kemampuan kreatif dari tipe Ie menyala, maka perlu difasilitasi dengan peraga bongkar pasang. Kecerdasan spasial dari tipe ini akan merekam hal tersebut menjadi pelajaran yang kreatif.
     Tipe Intuiting extrovert mampu membumi dan beradaptasi, sehingga ia juga perlu diberikan cara belajar sebagaimana kebanyakan orang,  yaitu dengan melatih soal untuk mendapatkan pengalaman yang terpola dalam pikirannya.
        Untuk memotivasi tipe Intuiting extrovert haruslah seseorang yang lebih kreatif dari dirinya. Yang diperlukan oleh tipe ini memang sesuatu yang sukar dan mahal, yaitu ruang gerak sesuai dengan minatnya. Sementara minat dari tipe Ie adalah di bidang kreatif yang senantiasa berubah.
      Menciptakan ruang gerak yang seperti itu terkadang tidak terdapat di sekolah dan di tempat kursus. Seringkali orang tua harus mendisain sendiri untuk memastikan minat dari tipe Ie tergembleng secara maksimal dan naik dari satu tahap ke tahap yang lain tanpa ia kehilangan semangatnya

Dengan berbekal penjelasan buku dan penjelasan-penjelasan promotor STIFIn dalam grupnya, kami sebagai orang tua banyak belajar cara mendidik Anis. Dan banyak pula yang kami maklumi. Seperti ketika belajar huruf hijaiyyah, Anis harus dijelaskan menggunakan istilah-istilah yang tergambar oleh pemikirannya baru ia mudah mengingatnya.

 Kutipan cara belajar Ie berikut yang selalu terngiang-ngiang
Untuk memotivasi tipe Intuiting extrovert haruslah seseorang yang lebih kreatif dari dirinya. Yang diperlukan oleh tipe ini memang sesuatu yang sukar dan mahal, yaitu ruang gerak sesuai dengan minatnya. Sementara minat dari tipe Ie adalah di bidang kreatif yang senantiasa berubah.
Menyadari sebagai orang tua yang tidak begitu kreatif, kami memfasilitasi anak Ie ini untuk sering jalan-jalan ke ruang terbuka. Meskipun jalan-jalan itu tidak begitu sering dilaksanakan karena kesibukan yang terkadang sibuknya dibuat-buat. hehehehe

No comments:

Post a Comment