Kontribusi

Setiap klik iklan yang ada pada blog, berarti anda sudah turut berkontribusi dalam pengembangan blog ini

Wednesday 25 July 2018

Hikmah yang Terserak : Kambing dan Anjing

Hikmah yang Terserak
"Antara Kambing dan Anjing"

Ada sebuah hikmah kehidupan yang didapat saat mendengarkan ceramah seorang ustadz tadi malam. Tentang apa itu keberkahan... Ustadz tersebut menceritakan tentang satu kisah dari seseorang yang bernama syeikh Ibrahim Ibn Adham.

Syekh Ibrahim ibn Adham pernah berdialog dengan seseorang. Ia bertanya, "Mana diantara kambing dan anjing yang lebih banyak bereproduksi?" Tentu dijawab "pasti anjing, anjing sekali melahirkan bisa 7 anak, sedang kambing hanya maksimal 3 anak."
Kemudian syeikh Ibn Adham bertanya kembali "di sekelilingmu, mana yang lebih banyak, kambing atau anjing?"
Tentu dijawab "kambing". Syeik Ibn Adham kemudian berkata "bukankah kambing itu sering disembelih untuk berbagai keperluan, tapi kambing tak pernah punah, justru jumlahnya melebihi anjing. Itulah yang dinamakan KEBERKAHAN"

Syeikh Ibn Adham menjelaskan mengapa keberkahan itu ada pada Kambing, bukan pada Anjing? Karena kambing memilih tidur diawal dan bangun sebelum fajar, ia mendapati waktu yang penuh rahmat, sehingga ia memperoleh keberkahan.
Berbeda halnya dengan anjing, memilih menggonggong disaat malam, tapi malah tidur sebelum fajar,  ia tertinggal saat-saat turunnya rahmat sehingga tidak kebagian barokah... Ustadz menyimpulkan kisah tersebut dengan mengajak memperoleh keberkahan diwaktu fajar... Tulisan dibuat dengan gaya bahasa penulis tanpa mengurangi esensi makna yang ingin disampaikan.

#RLHYT

No comments:

Post a Comment